Wednesday 7 March 2012

Review blog sendiri ??

Harus memulai darimana ya ?
Judul yang saya buat untuk artikel ini membuat saya bingung untuk mengawali tulisan ini darimana.
Baiklah kalau begitu saya akan memulainya.
Besiap untuk menulis..
...
...
...
...
...
Baiklah langsung saja pada pokok permasalahan nya saja. Disini saya diberikan tugas oleh ibu AVIARINI INDRATI, untuk membuar sebuah artikel yang mencakup 3 point sudah diberikan, yaitu
  1. Review tulisan / tugas yang diposting pada blog anda (kelemahan)
  2. Tuangkan aturan / etika yang berlaku
  3. Bagaimana tulisan anda seharusnya
Begitulah point - point tugas yang diberikan.

Langsung saja, mari menulis.



Setelah mengingat dan melihat artikel saya sebelum nya mungkin saya dapat memperkirakan bawah artikel saya pada blog ini sebesar 80% merupakan hasil menduplikasi tulisan orang lain, dan insya allah sisa nya 20% adalah hasil tulisan saya sendiri. Mungkin ini alasan saya mengapa karena sebesar 80% tulisan saya adalah hasil menduplikasi tulisan orang lain, ini dikarenakan Praktis. Praktis karena tidak usah membuat kata - kata baru lagi.
Oh tidak ! Secara sengaja saya telah mengakui kecurangan saya di depan publik.



Bedasarkan artikel yang saya baca dari situs okezone.com, berikut ini adalah beberapa etika yang harus diperhatikan dalam menulis di dunia blogging (internet),

1. Mencantumkan sumber
di sini artikel atau gambar yang akan di sembunyikan..Seringkali kita mendapatkan informasi dari berbagai media online lain pada saat ingin menulis di blog. Secara hukum, mengutip beberapa kata memang tidak akan melanggar hukum, dan dalam UU HAKI masih termasuk kategori yang disebut 'Fair Use'.  Akan tetapi, secara etika dan moral, jika ingin mengutip, cantumkan sumber yang kita kutip, misalnya : nama penulis, dan alamat web atau blog di mana kita mengutipnya, jika memungkinkan gunakan 'link back'.

2. Meminta Izin
Meski mengutip beberapa kata atau kalimat masih masuk dalam kategori 'Fair Use' sesuai dengan UU HAKI, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pemilik aslinya akan berkeberatan dan menimbulkan masalah di belakang hari. Meminta ijin dari pemilik tulisan/foto/gambar akan lebih baik dan lebih beretika mengingat kita sendiri pun belum tentu akan suka jika karya kita dicopy atau dipakai orang lain tanpa ijin.


3. Bebas Tetapi Tidak Melanggar Hak Orang Lain
Jangan karena beranggapan blog ini adalah blog pribadi kita, maka kita bebas menulis dan memposting apa saja tanpa batas (tulisan, foto, gambar, lagu) dan melanggar hak orang lain. Perlu kita tanamkan dalam pikiran dan hati kita, bahwa pengunjung blog bisa siapa saja dan datang dari mana saja. Hindari hal-hal yang melanggar hak orang lain.



Tulisan yang seharusnya saya buat adalah harus sesuai dengan etika - etika diatas. Dan dengan ada nya etika - etika di atas maka penulis tidak akan mendapatkan masalah dengan Kekayaan intelektual orang lain yang dicuri.



Mungkin demikian lah artikel saya ini, semoga dapat diterima oleh semua nya. Berhubung saya sudah mulai mengantuk. Langsung saja saya akhiri artikel ini.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.




Salam,

alamaniakz

0 comments:

Post a Comment

 
;